Pemerintah Menetapkan Larangan Mudik Lebaran Hari Ini

Pemerintah Menetapkan Larangan Mudik Lebaran Hari Ini

Pemerintah Menetapkan Larangan Mudik Lebaran Hari Ini – MudikĀ  adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Mudik adalah pergi ke udik dan juga pulang ke kampung halaman. Sementara pulang kampung diartikan sebagai kembali ke kampung halaman dan mudik. Hal itu sesuai dengan arti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pemerintah resmi melarang mudik mulai hari ini, Kamis (6/5). Aturan ini berlaku hingga 17 Mei 2021. Meski sudah diatur Club388 Indonesia namun besar kemungkinan warga masih ada yang nekat untuk melakukan mudik.Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Indikator Politik Indonesia terdapat 17,9 persen responden yang menyatakan kemungkinan besar akan mudik Lebaran tahun ini.
Persyaratan warga yang bisa berpergian ke luar kota saat larangan mudik berlaku tertuang dalam Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021. Selain harus membawa surat bebas corona, juga hanya kendaraan dengan tujuan tertentu yang diizinkan melakukan perjalanan tersebut.
Awas Jangan Nekat, Larangan Mudik Lebaran Sudah Berlaku Hari Ini (2)
Wagub DKI Riza Patria menyebut proses pengajuan SIKM tahun ini lebih mudah dan cepat. Sebab melalui kelurahan dan aplikasi, bukan lagi diurus provinsi seperti pada 2020.
Sejauh ini Riza tak menyebutkan aplikasi apa yang dipakai untuk warga Jakarta mengurus SIKM. Tapi, merujuk pada tahun lalu, warga bisa menggunakan aplikasi JakEVO untuk mengurus SIKM.
Mereka yang harus mengurus SIKM di kelurahan adalah pekerja informal yang harus melaksanakan tugas luar kota. Juga warga dengan kondisi tertentu, seperti persalinan, duka, atau kondisi kesehatan lain yang mengharuskan perjalanan keluar masuk Jakarta saat larangan mudik.
“Pekerja informal yang melakukan perjalanan keluar masuk yang dikecualikan untuk kepentingan dikecualikan bagi mengurus SIKM ke kelurahan. Kemudian masyarakat umum sama polanya melakukan perjalanan selama mudik itu wajib mendapatkan SIKM dari kelurahan setempat,” jelas Kadishub DKI Syafrin Liputo, Rabu (28/4).
Awas Jangan Nekat, Larangan Mudik Lebaran Sudah Berlaku Hari Ini (3)
Presiden Komunitas Tangan di Atas (TDA) 6.0 Donny Kris Puriyono meminta agar memberinya dan pengusaha nasional mengikuti aturan tersebut. Hal itu karena alasan peniadaan mudik untuk mencegah penularan virus corona.
Menurutnya pengusaha telah banyak belajar dari peristiwa pandemi tahun lalu. Saat itu juga dinilai lebih berat karena pandemi datang dengan mendadak sehingga tidak ada perencanaan bisnis. Sedangkan saat ini sudah lebih siap dengan hal yang terburuk.
“Maka anjuran pemerintah untuk tidak mudik sebaiknya kita patuhi dan bantu mensosialisasikan dan saya kira sekarang teman-teman pengusaha lebih siap dibanding tahun lalu,” ucapnya.