BMKG Memprediksi Jakarta Berpotensi Hujan dan Petir Hari ini

BMKG Memprediksi Jakarta Berpotensi Hujan dan Petir Hari ini

BMKG Memprediksi Jakarta Berpotensi Hujan dan Petir Hari ini –┬áHasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah DKI Jakarta hari ini. BMKG memprediksi sebagian wilayah Jakarta berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari.

1. Hujan disertai petir tejadi siang hari
8 Cara Hindari Sambaran Petir Saat Hujan

Sementara itu, BMKG memperkirakan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan diterjadi hujan disertai petir di siang hari.

Sementara, Jakarta Barat dan Jakarta Utara diprediksi terjadi hujan ringan pada siang hari.

2. Cuaca malam hari akan berawan
Cuaca Hari Ini, BMKG Prediksi Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Cerah Berawan  - Jabar News

Kemudian BMKG memprediksi cuaca pada malam hari akan berawan di Jakart Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur.

Sementara di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, BMKG memperkirakan cerah berawan pada malam hari.

3. Suhu dan kelembaban di Jakarta
Waspada, Hujan Disertai Petir Berpotensi Melanda Jakarta Hari Ini

Lebih lanjut BMKG menjelaskan suhu udara di Jakarta Barat pada kisaran 23 sampai 30 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara antara 75 hingga 95 persen. Jakarta Pusat kisaran 24 sampai 99 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 80 hingga 95 persen.

Sementara suhu udara di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur kisaran 23 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 75 sampai 95 persen. Di Jakarta Utara, suhu udara di kisaran 24 sampai 29 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 80 sampai 95 persen

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es), yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Potensi pertumbuhan awan CB di wilayah udara Indonesia dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75% (OCNL/Occasional) selama 7 hari ke depan diprediksi terjadi di: Sebagian Bengkulu, Sebagian Lampung, Sebagian Banten, Sebagian Jawa Barat, Sebagian Kalimantan Utara, Sebagian Kalimantan Timur, Sebagian Kalimantan Barat, Sebagian Sulawesi Tengah, Sebagian Maluku Utara, Sebagian Maluku, Papua Barat, Papua, Selat Sunda, Laut Banda, Laut Seram, Laut Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat dan Papua, Sebagian Laut Arafuru.