Jokowi Ingatkan Jangan Senang Berlebihan Walau Sudah Vaksin

Jokowi Ingatkan Jangan Senang Berlebihan Walau Sudah Vaksin

Jokowi Ingatkan Jangan Senang Berlebihan Walau Sudah Vaksin – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Covid-19 tidak mungkin hilang secara total. Menurutnya, yang bisa dilakukan adalah mengendalikan penyebaran virus corona. Jokowi mengatakan bahwa tidak ada yang bisa memprediksi kapan pandemik COVID-19 akan berakhir.

Meskipun sudah divaksin kita tidak boleh senang-senang berlebihan, kita harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, memakai masker, menjaga jarak selalu mencuci tangan dengan bersih,” ujarnya. Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat yang sudah divaksin agar tidak senang berlebihan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di acara Gerakan Vaksinasi 7 Juta Warga yang digelar Projo, Gerakan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Kemenkes, dan Polri, Jumat (24/9/2021).

1. Jokowi minta masyarakat jaga protokol kesehatan dengan baik
Jokowi: Jangan Senang Berlebihan Meski Sudah Divaksin COVID-19

Jokowi menuturkan bahwa COVID-19 tidak akan hilang secara total. Saat ini, Jokowi berpesan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara disiplin guna mencegah penyebaran pandemik COVID-19.

“Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan penyebaran COVID-19 meskipun sudah divaksin, kita tidak boleh senang-senang berlebihan. Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, memakai masker, menjaga jarak, selalu mencuci tangan dengan bersih, protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari,” pesan Jokowi.

2. Adaptasi kebiasaan baru jadi kunci penting transisi pandemik ke endemik
Jokowi: Jangan Senang Berlebihan Meski Sudah Divaksin COVID-19

Untuk menghadapi pandemik COVID-19, Jokowi mengatakan bahwa adaptasi kebiasaan baru menjadi kunci penting saat ini. Terutama dalam menghadapi transisi dari pandemik ke endemik.

“Adaptasi kebiasaan baru yang dijalankan oleh seluruh segmen masyarakat mulai dari pelaku usaha, petani, pekebun, sampai dengan siswa-siswa di sekolah adalah kunci penting agar kita bisa melakukan transisi dari pandemik ke endemik, sehingga kita bisa menjalankan kegiatan produktif tapi tetap aman dari COVID-19,” ucap dia.

3. Jokowi targetkan vaksinasi capai 70 persen vaksinasi di 2021
Jokowi: Jangan Senang Berlebihan Meski Sudah Divaksin COVID-19

Dalam acara vaksinasi tersebut, mantan Wali Kota Solo ini juga berharap agar target 70 persen vaksinasi bisa tercapai di akhir 2021. Oleh karena itu, pemerintah terus bekerja secara optimal untuk mewujudkan realisasi vaksinasi tersebut.

“Karena itu, sejak 13 Januari 2021, pemerintah bekerja siang dan malam untuk melakukan vaksinasi secara massal di seluruh penjuru Tanah Air. Kita ingin seluruh masyarakat Indonesia terlindungi, para lansia terlindungi, ibu-ibu hamil terlindungi, para penyandang disabilitas terlindungi, sampai anak-anak kita terlindungi dari risiko yang berat,” tutur Jokowi.