Mullah Abdul Ghani Baradar Akhirnya Kembali ke Afghanistan

Mullah Abdul Ghani Baradar Akhirnya Kembali ke Afghanistan

Mullah Abdul Ghani Baradar Akhirnya Kembali ke Afghanistan – Mullah Abdul Ghani Baradar Akhund adalah seorang militan Afganistan yang merupakan salah satu pendiri Taliban di Afganistan, dan wakil pemimpinnya,  Mohammed Omar. Ia dikenal dengan gelar kehormatan Mullah, dan Omar menjulukinya ‘Baradar’, yang berarti ‘saudara’, atau Mullah Brother.

Baradar ditangkap di Pakistan oleh tim perwira Inter-Services Intelligence  (ISI) dan Badan Intelijen Pusat (CIA) pada Februari 2010 dan dibebaskan pada 24 Oktober 2018 atas permintaan Amerika Serikat. Sejak dibebaskan, ia memainkan peran yang semakin berpengaruh dalam gerakan Taliban  Afganistan.

Salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar kembali ke Afghanistan setelah kelompoknya Download IDN Poker77 mengambil alih kekuasaan. Kedatangan Mullah dari Qatar menjadi tanda kebangkitan bagi Taliban setelah digulingkan 20 tahun lalu.

1. Mengumumkan amnesti umum
Setelah 20 Tahun, Mullah Baradar Kembali ke Afghanistan 

Seperti dilansir dari AFP, Taliban berusaha menahan diri dan moderasi hingga akhirnya menyatakan amnesti umum bagi pekerja pemerintah agar kembali beraktivitas seperti biasa.

Bahkan, beberapa toko sudah dibuka kembali saat kepolisian lalu lintas juga kembali turun ke jalan. Sementara, pejabat Taliban berencana akan melakukan pertemuan diplomatik pertama dengan duta besar Rusia.

2. Masih ada ketakutan
Setelah 20 Tahun, Mullah Baradar Kembali ke Afghanistan 

Walaupun beberapa toko sudah dibuka, namun sekolah dan universitas yang ada di kota Kabul masih tutup. Para perempuan bahkan turun ke jalan secara terbuka dan para laki-laki menanggalkan pakaian ‘barat’ mereka untuk menggunakan pakaian tradisional.

“Ketakutan itu ada,” ujar seorang penjaga toko yang tidak mau disebutkan namanya setelah membuka toko di lingkungannya.

3. PBB ingin pastikan Afghanistan tak jadi tempat berkembang biaknya terorisme
Ringkus Terduga Teroris, Densus Sita Pedang dan Panah | Hukum

Selain itu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa masyarakat internasional harus memastikan agar Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang-biaknya terorisme.

“Dunia sedang menyaksikan,” ujar Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Ia ditangkap dalam sebuah operasi gabungan oleh ISI dan CIA di kota Baldia, Karachi, Pakistan pada 2007. ketika itu serangan udara dilancarkan di provinsi Helmand.

Hasil intelijen, pada 8 Maret 2010, sekali lagi bekiau ditangkap di Madrasah Khuddamul Quran, 45 km di timur laut Karachi. Di sinilah, lokasi Mullah Omar. Ketika ini Operasi Moshtarak dilancarkan oleh pasukan Afganistan dengan dokongan unit tentara Amerika Serikat.

Bagaimanapun, Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik membantah laporan The New York Times. Tidak ada gabungan AS-Pakistan dsalam serangan itu. Negara Pakistan adalah sebuah negara berdaulat dan kami tidak akan membiarkan orang-orang untuk datang melakukan operasi.