Penistaan Agama Islam yang Dilakukan Oleh Seorang YouTuber

Penistaan Agama Islam yang Dilakukan Oleh Seorang YouTuber

Penistaan Agama Islam yang Dilakukan Oleh Seorang YouTuber – Penistaan agama (blasphemy) merupakan tindak penghinaan, penghujatan, atau ketidaksopanan terhadap tokoh-tokoh suci, artefak agama, adat istiadat, dan keyakinan suatu agama yg hanya didasarkan pada pendapat pribadi atau diluar kompetensinya (mal praktek).

Beberapa negara memiliki hukum berkenaan dengan penistaan agama. Pada tahun 2012, hukuman terhadap tindakan penistaan agama berlaku di 32 negara. Bareskrim Polri telah menerima laporan terkait dugaan penistaan agama Islam yang dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Muhammad Kece.

Laporan tersebut saat ini tengah berada dalam penyelidikan pihak Polri. Argo menambahkan, laporan terkait Muhammad Kece tersebut Download IDN Poker77 masuk ke  Bareskrim Polri pada Sabtu malam pekan lalu.

1. Muhammad Kece dikecam ulama
Profil Muhammad Kace Terbaru, Youtuber yang Dikecam MUI dan Diancam Bui  Karena Dugaan Penistaan Agama Islam - Portal Purwokerto

Nama Muhammad Kece sendiri menjadi topik pembicaraan dalam beberapa waktu terakhir akibat konten YouTube yang dibuatnya.

Hal itu sontak membuat ulama kenamaan sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kabupaten Lebak, Banten KH Hasan Basri angkat suara.

Dia meminta kepada pihak kepolisian untuk bisa segera menangkap Muhammad Kece lantaran dianggap melakukan penistaan terhadap agama Islam dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Semua ulama Lebak menyesalkan beredarnya video Muhammad Kece melalui kanal YouTube telah menistakan agama Islam, padahal dia sebelumnya penganut Islam. Kami berharap polisi segera menangkap Muhammad Kece, karena berpotensi menimbulkan perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Hasan.

2. Pernyataan Muhammad Kece disebut menistakan Islam
Polri Selidiki Dugaan Penistaan Agama Islam oleh Muhammad Kece

Pernyataan Muhammad Kece, menurut Hasan, masuk kategori menistakan agama Islam, karena menuduh Nabi Muhammad SAW dikelilingi setan dan pendusta.

Dia juga menyatakan kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan radikalisme. Penyampaian Muhammad Kece dirasa menyebarkan kebencian dan penghinaan terhadap agama Islam.

“Kami mengecam tindakan dan pernyataan Muhammad Kece yang intoleransi, dan aparat kepolisian harus segera menangkapnya,” ujar Hasan.

3. Umat Islam diharapkan tidak terpancing oleh Muhammad Kece
Polri Selidiki Dugaan Penistaan Agama Islam oleh Muhammad Kece

Hasan pun kemudian mengajak umat Islam agar tidak terpancing dengan pernyataan Muhammad Kece yang menistakan agama Islam.

Umat Islam, kata dia, wajib menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di NKRI. Di samping itu, juga menjaga sikap toleransi dengan menghormati serta menghargai di tengah perbedaan agama, suku, bahasa, dan adat.

“Allah SWT menciptakan manusia di muka bumi dengan perbedaan, keragaman itu untuk saling bersatu dan melindungi serta jangan terjadi perpecahan,” ucap Hasan.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1968, Langit Makin Mendung berkisah tentang Nabi Muhammad yang mempunyai keinginan untuk melakukan  mikraj ke langit sekali lagi. Bersama-sama dengan Jibril yang sudah tua, Nabi Muhammad menghadap Tuhan.

Tuhan pada saat itu sedang memakai kacamata hitam di depan meja marmer. Tuhan pun mengizinkan Nabi Muhammad dan Jibril melakukan mikraj lagi dengan burak yang dulu Nabi pakai. Dalam perjalanan menuju angkasa, burak tersebut bertabrakan dengan roket Rusia.