Singapura Mengirimkan Bantuan Alat Kesehatan Ke Indonesia

Singapura Mengirimkan Bantuan Alat Kesehatan Ke Indonesia

Singapura Mengirimkan Bantuan Alat Kesehatan Ke Indonesia – Peralatan medis adalah perangkat apa pun yang dimaksudkan untuk digunakan dalam tujuan medis. Jadi apa yang membedakan perangkat medis dari perangkat sehari-hari adalah tujuan penggunaannya. Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar telah menerima dua pesawat C-130 milik Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Jumat (9/7/2021) pagi tadi.

Peralatan medis menguntungkan pasien dengan membantu penyedia layanan kesehatan mendiagnosis dan merawat pasien dan membantu pasien mengatasi penyakit, meningkatkan kualitas hidup mereka. Kedua pesawat tersebut merupakan pesawat yang membawa bantuan COVID-19 dari Singapura ke Indonesia.

“Dubes Anil menyampaikan kontribusi dari Pemerintah Singapura kepada Kepala Biro Logistik KEMLU Bapak Sigit Widiyanto,” Dikutip dari laman idn poker play apk kata Kedutaan Besar Singapura di Jakarta melalui postingan di Facebook. “Singapura dan Indonesia akan terus bekerja sama untuk memerangi COVID-19.”

1. Rincian bantuan yang dikirimkan Singapura
Indonesia Terima Bantuan Alat Kesehatan untuk COVID-19 dari Singapura

Dalam postingan di website resminya, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan, telah menerima dukungan kerja sama Pemerintah Singapura tersebut.

Alat-alat kesehatan yang diterima sebagai bantuan tersebut berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD, tutup kepala, dan alat kesehatan lainnya.

“Dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan akan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut,” kata Kemlu.

2. Indonesia membeli 10 ribu unit oksigen konsentrator
Indonesia Terima Bantuan Alat Kesehatan untuk COVID-19 dari Singapura

Selain itu, Kemlu mengatakan, Pemerintah Indonesia juga membeli secara mandiri dari Singapura 10 ribu unit oxygen concentrator, di mana sebagian kecil yaitu 30 unit telah tiba bersama dengan bantuan Pemerintah Singapura.

Selain itu, “pada hari ini juga akan tiba dukungan kerja sama dari Australia berupa 1.000 ventilator,” kata Kemlu.

Selain dua negara tersebut, dukungan kerja sama juga telah ditawarkan oleh sejumlah negara kepada Indonesia, yaitu Amerika Serikat (AS), Belanda, Jepang, Inggris, UAE, India, Tiongkok, dan entitas internasional lainnya. Dukungan kerja sama yang ditawarkan antara lain berupa vaksin, obat-obatan, maupun alat kesehatan lainnya.

“Indonesia mengapresiasi tawaran dukungan kerjasama tersebut,” kata Kemlu. “Kerja sama dan kolaborasi adalah prinsip yang terus dikedepankan oleh dunia agar dunia dapat segera keluar dari pandemi ini secara bersama.”

3. Indonesia juga membeli 36 ribu ton oksigen
Indonesia Terima Bantuan Alat Kesehatan untuk COVID-19 dari Singapura

Kabar pembelian ini sebelumnya juga telah dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam keterangan pers Jumat pagi, Luhut mengungkapkan, sebanyak 30 unit oksigen konsentrator akan tiba di Indonesia hari ini. Total 30 unit oksigen tersebut merupakan bagian dari 10 ribu oksigen konsentrator yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Singapura.

“Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Luhut.

Selain oksigen konsentrator, Luhut memaparkan bahwa pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36 ribu ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi bukan hanya bantuan/donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” jelas Luhut.