Hari ini Memperingati Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-60 Lho

Hari ini Memperingati Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-60 Lho

Hari ini Memperingati Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-60 Lho – Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961; umur 60 tahun) adalah Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia. Ia terpilih bersama Wakil Presiden  Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Jokowi pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. Sebelumnya, ia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota. Dua tahun menjalani periode keduanya menjadi Wali Kota Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo hari ini berulang tahun ke 60. Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Salah satu ucapan datang dari musisi Addie Muljadi Sumaatmadja atau lebih dikenal Daftar Poker77 dengan Addie MS. “Selamat berulang tahun yang ke-60, Presidenku, Ir. H. Joko Widodo! Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amiiin,” tulis Addie melalui akun Twitter-nya, Senin (21/6/2021).

1. Jokowi ultah jadi trending di Twitter
Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden 

Memperingati hari kelahiran Presiden ke-7 RI ini, nama Jokowi langsung menjadi trending di Twitter pagi ini.

Beberapa warganet mengucapkan selamat ulang tahun kepada eks Gubernur DKI Jakarta itu.

“Selamat Ulang Tahun Ke-60 Bapak Presiden RI, Ir. H. @jokowi. May God Bless you abundantly and exceedingly,” tulis akun @Leo_Imannuel.

“Selamat ulangtahun Mr.President, may God bless you with Great Indonesia,” tulis
Sahat Tobing @dr_reinkernasi.

2. Masa kecil Jokowi
Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden 

Presiden Jokowi berasal dari keluarga sederhana di Solo. Ayahnya bernama Widjiatno Notomihardjo dan ibundanya bernama Sudjiatmi. Jokowi adalah anak pertama dan putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Sejak kecil ia terbiasa berjuang dan bekerja keras untuk mencari uang jajan sehari-hari. Bahkan ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta.

3. Jejak karier Jokowi, dari wali kota hingga jadi presiden
Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden 

Pada Pilkada Kota Solo tahun 2005, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon wali kota Solo. Ia berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen. Ia lalu kembali terpilih sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo pada 2010.

Pada 2012, Jokowi diminta secara pribadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI. Ia diusung oleh Gerindra dan PDIP bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada 29 September 2012, KPUD DKI Jakarta menetapkan pasangan Jokowi – Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI yang baru untuk masa bakti 2012–2017 menggantikan Fauzi Bowo – Prijanto

Baru 2 tahun menjabat gubernur, Jokowi mengikuti Pilpres 2014 dan keluar sebagai pemenang. Berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi berhasil mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Jokowi pun tercatat sebagai Presiden ke-7 RI. Kini pemerintahan Jokowi telah memasuki periode kedua, dan akan berakhir pada 2024 mendatang.

Joko Widodo berasal dari keluarga sederhana, bahkan rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali ketika dia masih kecil, tetapi ia mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Setelah lulus, dia menekuni profesinya sebagai pengusaha mebel. Karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik.