Jokowi Lantik Al Haris Sebagai Gubernur baru Jambi di Istana

Jokowi Lantik Al Haris Sebagai Gubernur baru Jambi di Istana

Jokowi Lantik Al Haris Sebagai Gubernur baru Jambi di Istana – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Al Haris dan Abdullah San sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada Rabu (7/7/2021) petang nanti. Pasangan tersebut menang dalam Pilkada Jambi 2020 lalu.

Heru mengatakan prosesi pelantikan akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat adanya Pandemi Covid-19.  Undangan serta pejabat yang hadir sangat dibatasi untuk mencegah adanya penularan Covid-19.
Sebelumnya pasangan Al Haris-Abdullah Sani terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024 dalam Pilkada yang pemungutan suaranya berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Dikutip dari idn poker play apk Para tamu undangan wajib mengenakan masker dan dengan jumlah terbatas.

1. Jokowi pimpin langsung proses pelantikan
Presiden Jokowi Lantik Gubernur Jambi Al Haris di Istana 

Pelantikan hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93/P/2021 tentang Pemberhentian Pejabat Gubernur Jambi serta Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Masa Jabatan 2021-2024.

Pada Pilkada tersebut pasangan Al Haris-Abdullah Sani meraih suara sebanyak 600.733 suara, tertinggi dibandingkan dua pasangan calon lainnya yakni Cek Endra-Ratu Munawaroh dengan perolehan suara sebanyak 587.918 suara dan Fachrori Umar-Syafril Nursal yang memperoleh 381.634 suara.

Dengan mengenakan setelan jas warna hitam dan masker hitam, serta dasi merah, Jokowi tampak berdiri tegap dan siap memimpin jalannya pelantikan serta sumpah jabatan kepala daerah.

2. Gubernur dan Wakil Gubernur ucapkan sumpah jabatan
Presiden Jokowi Lantik Gubernur Jambi Al Haris di Istana 

Jokowi pun mulai memimpin jalannya sumpah jabatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat yang diikuti oleh Al Haris dan Abdullah Sani.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, serta menjalankan segala UU beserta peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata mereka mengikuti Jokowi.

3. Pejabat negara yang hadir saat pelantikan
Presiden Jokowi Lantik Gubernur Jambi Al Haris di Istana 

Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Karena pelantikan digelar di tengah pandemik COVID-19, pejabat negara yang hadir pun sangat dibatasi.