Kelahiran Anak Kembar Panda di Madrid yang Bawa Kebahagiaan

Kelahiran Anak Kembar Panda di Madrid yang Bawa Kebahagiaan

Kelahiran Anak Kembar Panda di Madrid yang Bawa Kebahagiaan – Panda  adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga  beruang, Ursidae, yang merupakan hewan asli Tiongkok Tengah. Panda Raksasa tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet. Pada setengah abad ke-20 terakhir, panda menjadi semacam lambang negara  Tiongkok, dan sekarang ditampilkan pada uang emas negara tersebut.

Kebun binatang Madrid mendapatkan kebahagiaan yang tak terkira ketika panda yang mereka pinjam dari China melahirkan dua anak kembar pada 6 September 2021. Pakar panda dari China segera dipanggil untuk membantu minggu-minggu awal induknya dalam menyusui.

Panda, binatang yang dahulu terancam punah dan pada tahun 2016 lalu diklasifikasikan jadi rentan, adalah binatang yang sulit bereproduksi dalam penangkaran. Karena itu, kelahiran anak panda kembar di Madrid dianggap sebagai keberhasilan konservasi spesies yang terancam.

1. Anak kelima dan keenam

Panda adalah binatang yang nasibnya rentan dari kepunahan. Saat ini hanya ada sekitar 1.800 ekor di alam liar dan habitat mereka terancam karena deforestasi. Sekitar 500 ekor panda lainnya berada di penangkaran kebun binatang di seluruh dunia.

Panda dianggap sebagai salah satu harta nasional China. Pemerintah negeri Tirai Bambu telah berulangkali melakukan “dimplomasi panda” kepada negara-negara lain, disertai kesepakatan perdagangan yang biasanya bernilai miliaran dolar.

Dilansir dari Deutsche Welle, di kebun binatang Madrid, anak kembar panda lahir dari betina yang bernama Hua Zuiba dan pejantan yang bernama Bing Xing.

Anak kembar panda itu adalah anak kelima dan keenam dari Hua Zuiba. Kebun binatang Madrid menyebut kelahiran panda kembar sebagai “kontribusi besar bagi konservasi spesies yang terancam.”

2. Melahirkan dalam waktu sekitar delapan jam

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti jenis kelamin anak kembar panda yang lahir di Madrid. Namun menurut penjelasan dari kebun binatang, kelahiran itu memakan waktu sekitar delapan jam.

Dilansir dari kantor berita Reuters, kelahiran pertama terjadi pada pagi hari sekitar pukul 08:30 waktu setempat setelah menunggu selama empat jam. Lalu, selang sekitar empat kemudian, bayi panda yang kedua lahir sekitar tengah hari.

Kelahiran anak kembar panda disebut sebagai kelahiran yang “damai.” Mereka berdua lahir dengan warna merah muda, berbulu, dan kecil. Dua teknisi dari pusat penangkaran panda Chengdu, China, akan membantu dokter hewan setempat.

3. Juni dan Agustus lalu, panda juga lahirkan anak kembar di Jepang dan Prancis
Panda Lahirkan Anak Kembar di Madrid, Dianggap Sebagai Keberhasilan

Kebahagiaan melihat kelahiran anak kembar panda tak hanya meliputi kebun binatang Madrid. Panda dii kebun binatang ZooParc de Beauval, Prancis, pada awal Agustus lalu juga melahirkan anak kembar.

Menurut laman BBC, anak kembar panda di Prancis dilahirkan dari induk betina bernama Huan Huan dan pejantan bernama Yuan Zi. Dua bayi panda itu masing-masing memiliki berat badan hanya 149 gram dan 129 gram.

Kebun binatang menyatakan “mereka sangat hidup, merah muda dan montok.” Dua dokter ahli panda dari China juga didatangkan untuk memantau kelahiran bayi kembar panda tersebut.

Pada bulan Juni, di kebun binatang Ueno, Tokyo, panda kembar juga lahir dari induk betina bernama Shin Shin dan pejantan bernama Ri Ri. Kembar itu berjenis kelamin lelaki dengan berat 331 gram dan perempuan dengan berat 319 gram.

Meskipun secara taksonomi ia adalah karnivora, makanannya seperti  herbivora, sebagian besar tumbuh-tumbuhan, hampir hanya bambu saja. Secara teknis, seperti banyak hewan, panda adalah omnivora, karena diketahui mereka juga makan telur, dan juga serangga selain bambu. Kedua makanan ini adalah sumber protein yang diperlukan. Telinganya bergerak-gerak saat mereka mengunyah.

Panda Raksasa juga masih bersaudara dengan Panda Merah, tetapi mereka dinamai mirip sepertinya karena kebiasaan mereka memakan bambu. Sebelum hubungannya dengan Panda Merah ditemukan pada tahun 1901, Panda Raksasa dikenal sebagai beruang berwarna dua.