Menkeu Mundur Saat Demo Reformasi Pajak di Negara Kolombia

Menkeu Mundur Saat Demo Reformasi Pajak di Negara Kolombia

Menkeu Mundur Saat Demo Reformasi Pajak di Negara Kolombia – Presiden Kolombia Ivan Duque membatalkan niatannya untuk melakukan reformasi pajak (Tax Reform). Keputusan ia ambil usai mendapat ribuan warga Kolombia berunjuk rasa, menentang keras kebijakan tersebut, selama berhari-hari.

Duque melakukan pembatalan tersebut via video. Dirilis pada Ahad kemarin waktu setempat, Ia meminta Kongres Kolombia untuk menarik rancangan regulasi tax reform dari administrasinya.

Menteri Keuangan Kolombia memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya menyusul demonstrasi besar di seluruh negeri. Bahkan demonstrasi yang mulanya berlangsung damai tersebut berujung kerusuhan di beberapa kota Club388 Indonesia yang menimbulkan korban.

Sudah enam hari terakhir ribuan pendemo turun ke jalan untuk melakukan protesnya demi menuntut pencabutan kebijakan reformasi pajak yang dikeluarkan oleh Presiden Ivan Duque.

1. Mundurnya Alberto Carrasquilla dari kursi Menkeu

Menteri Keuangan Kolombia, Alberto Carrasquilla memutuskan untuk mundur dari jabatannya di tengah demonstrasi besar di Kolombia. Bahkan diketahui bahwa pengunduran diri Carrasquilla akan memuluskan pemerintah untuk mencapai konsensus demi mendorong reformasi pajak melalui kongres.

Pemerintah Kolombia sebelumnya sudah mengumumkan kebijakan reformasi pajak yang dirancang oleh mantan menteri keuangan sebelumnya dan dibawakan ke kongres pada bulan lalu. Kebijakan tersebut akan meningkatkan 1,4 persen PDB atau sebesar 4,1 miliar dan akan mengurangi pengecualian dan meningkatkan basis pajak, dilansir dari Financial Times.

2. Ditunjukkan Jose Manuel Restrepo sebagai Menkeu baru

Setelah mundurnya Carrasquilla, Presiden Ivan Duque sudah menunjuk Jose Manuel Restrepo sebagai menteri keuangan baru. Bahkan diketahui posisi barunya ini sangat tak terduga lantaran ia dalam beberapa bulan belakangan hendak meninggalkan kabinet dan menerima pekerjaan baru di OECD.

Namun tanggung jawab Restrepo terbilang berat dalam situasi ekonomi Kolombia saat ini yang tengah dilanda resesi. Bahkan hutang negara naik dari 40 persen ke 60 persen dalam satu tahun dan ia bertanggung jawab untuk mereformasi pajak serta menjamin sumber tersebut untuk program sosial, dikutip dari El Pais.

3. Masih berlanjutnya demonstrasi di Kolombia
Demo Reformasi Pajak, Menkeu Kolombia Mundur

Hingga kini protes di Kolombia masih berlangsung dan bahkan Duque masih bersikeras mempertahankan barikade dan menerjunkan pasukan militer ke jalanan untuk menghalau ratusan ribu pendemo. Bahkan akibat demonstrasi yang berujung pada kerusuhan di beberapa kota ini sudah menyebabkan 19 pendemo tewas, dilaporkan dari El Pais.

Bahkan mundurnya Alberto Carrasquilla juga makin meningkatkan tensi dan krisis politik yang ada di Kolombia. Di samping itu, para pendemo juga sudah berjanji jika akan kembali turun ke jalan untuk menyuarakan tuntutannya.

Berdasarkan laman Financial Times, reformasi pajak merupakan salah satu legislasi paling penting di Kolombia tahun ini. Kolombia selama ini menjadi negara dengan status kelas investasi tinggi sejak tahun 2011, tetapi status investasi tersebut bergantung pada kebijakan reformasi pajak ini.