Pemerintah Jepang Beri Bantuan 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca

Pemerintah Jepang Beri Bantuan 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca

Pemerintah Jepang Beri Bantuan 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca – Pemerintah  Jepang menyatakan akan kembali mengirimkan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca ke Indonesia . Hibah vaksin ini dimaksudkan untuk membantu percepatan program vaksinasi di Indonesia.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengatakan, sebanyak 1,16 juta dosis vaksin AstraZeneca rencananya akan tiba di Indonesia di Indonesia pada tanggal 15 Juli mendatang, dengan menggunakan pesawat.

Jepang dan Indonesia, telah melakukan pertukaran nota tentang pemberian vaksin pada app idn poker tanggal 29 Juni lalu. Vaksin yang akan tiba pada tanggal 15 Juli merupakan bagian dari vaksin hibah berdasarkan pertukaran nota tersebut.

1. Jepang sudah kirimkan 2,16 juta vaksin
Besok Indonesia akan Terima 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Pemerintah Jepang sebelumnya telah mengirim kurang lebih satu juta dosis vaksin untuk Indonesia dalam pengiriman gelombang pertama. Sehingga secara total ada 2,16 juta dosis vasin AstraZeneca yang diterima Indonesia dari Jepang.

2. Berawal dari penandatanganan nota 29 Juni
Besok Indonesia akan Terima 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Pengiriman jutaan dosis vaksin tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota antara kedua negara terkait pemberian vaksin yang dilakukan pada 29 Juni.

“Jepang bertekad terus bekerja sama dengan negara lain dan organisasi internasional terkait, dalam memberikan berbagai bantuan agar pandemik COVID-19 bisa berakhir sesegera mungkin,” kata Kedubes Jepang.

3. Komitmen Jepang untuk capai kesehatan semesta bersama
Besok Indonesia akan Terima 1,16 Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Sebelumnya, dalam pertukaran nota terkait serah terima vaksin, Kedubes Jepang mengatakan bahwa negara tersebut meyakini pentingnya jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan, terutama guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage).

Tiba sekitar pukul 16.02 WIB, vaksin ini rencananya akan didistribusikan ke daerah di level 3 dan 4 untuk selanjutnya dapat diberikan kepada masyarakat.

Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang terhadap pengendalian COVID-19 di Tanah Air. Menurutnya, perhatian ini merupakan wujud kedekatan hubungan antar kedua bangsa.

Apa yang Perlu Diperhatikan setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19?

“Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Duta Besar Jepang, Pemerintah Jepang dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia,” kata Menkes.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan bahwa bantuan ini merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang, yang mana perbincangan diantara keduanya fokus pada isu doses sharing vaccine atau berbagi dosis.

Dari perbincangan keduanya, Pemerintah Jepang sepakat untuk memberikan 2,1 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan dalam 2 tahap.