Rumah-Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Rumah-Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Rumah-Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir Akibat Hujan Deras – Di musim hujan ini, banyak wilayah berpeluang terdampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung hingga cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya, dan kebanyakan adalah faktor meteorologi.

Beberapa di antaranya adalah peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca esktrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya. Namun, Peneliti Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), M Fakhrudin berkata bahwa faktor meteorologi bukan satu-satunya faktor pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Banyuwangi, sejak Rabu malam 16 Juni hingga Kamis pagi, (17/6/2021) mengakibatkan banjir, longsor dan pohon tumbang di sejumlah wilayah. Salah satu wilayah yang Daftar Poker77 terdampak banjir yakni Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar.

1. Pasar desa setempat terendam
Hujan Semalam, Rumah dan Pasar di Banyuwangi Terendam

Sofyan mengatakan, hujan terus mengguyur hingga Kamis pukul 05.00 WIB. Sementara luapan air sudah menggenangi rumahnya sejak pukul 00.00 WIB. Sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

“Sekarang saya masih sibuk bersih-bersih rumah. Sekarang pedagang juga pindah di pinggir jalan yang tidak terendam banjir,” katanya.

Dalam video yang unggah Sofyan di story WhatsApp-nya, sejumlah lapak di dalam pasar Sumberayu tampak terendam air. Para pedagang yang sudah buka, tampak menyelamatkan barang-barang berharganya.

“Hujannya memang deras sekali, sekarang pedagang pindah jualan,” katanya.

2. Rusak tanaman petani
Banjir, 13.234 Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Puso - Bisnis Tempo.co

Sementara itu, Khariri warga Desa Wringinputih Kecamatan Muncar juga mengalami dampak banjir. Kendati hanya genangan di halaman rumah, namun tanaman cabainya yang mencapai setengah hektar lebih terancam rusak terkena banjir.

“Gak tahu sudah, hancur tanaman cabai saya. Ini sudah lama gak hujan, sekarang dikasih hujan derasnya luar biasa,” kata Khariri.

3. BPBD masih menghimpun data
Sebagian Rumah di Karang Tengah Banjir

Sementara itu, belum ada laporan dari Pusdalops BPBD Kabupaten Banyuwangi terkait peristiwa banjir di Muncar. Namun, sejumlah relawan melaporkan kejadian pohon tumbang di Kecamatan Tegaldlimo, dan Longsor di Desa Pakel, Kecamatan Licin yang mengakibatkan 2 rumah warga rusak.