Santer Sebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Berita Hoak!

Santer Sebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Berita Hoak!

Santer Sebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Berita Hoak!Berita bohong atau hoaks (bahasa Inggris: hoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, atau berita palsu, maupun April Mop.

Kursi Menteri Kelautan dan Perikanan masih kosong setelah Edhy Prabowo diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy diduga terjerat dalam kasus ekspor benih lobster.

Partai Gerindra, pemilik jatah posisi, sampai saat ini  belum mengajukan nama pengganti Edhy ke Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Namun nama Sandiaga Uno, Sufmi Dasco, Fadil Zon, dan Ahmad Muzani santer dikabarkan bakal mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Edhy Prabowo.

Berdasarkan informasi Club388 Indonesia internal Gerindra, nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco menguat untuk diusung Gerindra menggantikan Edhy.

Lalu apa tanggapan Sufmi Dasco?

1. Dasco membantah dirinya menjadi calon kuat pengganti Edhy
Santer Disebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Sufmi Dasco: Berita Hoak!Wakil Ketua DPR RI/Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan kabar penangkapan Menteri KKP oleh KPK pada Rabu (25/11/2020) di Gedung Nusantara III DPR RI (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sufmi Dasco membantah kabar namanya masuk dalam bursa calon Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Ia sebut tak memiliki kemampuan di bidang kelautan dan perikanan.

“Tidak benar, dan saya tidak ada kemampuan di situ. Berita hoaks,” kata Wakil Ketua DPR RI itu kepada IDN Times, Selasa (15/12/2020).

2. Gerindra menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi
Santer Disebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Sufmi Dasco: Berita Hoak!

Sampai saat ini, kata Dasco, Gerindra belum ada pembicaraan intensif mengenai pengganti Edhy Prabowo di Kabinet Indonesia Maju. Gerindra menghormati hak prerogatif Peresiden Jokowi.

“Tidak ada (pembahasan pengganti Edhy Prabowo), Gerindra terserah Presiden,” ujar Dasco.

3. Sandiaga Uno masih fokus mendukung UMKM untuk naik kelas
Santer Disebut Bakal Gantikan Edhy Prabowo, Sufmi Dasco: Berita Hoak!

Sementara itu, Juru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian, mengatakan meski enam tawaran datang kepada Sandiaga untuk menjadi menteri, namun mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu belum berminat.

“Beliau memang sedang fokus support UMKM untuk naik kelas. Untuk menteri KKP belum tahu, itu hak prerogatif presiden,” kata Wakil Sekretaris Jendral Partai Gerindra itu.