Seorang Pria Ditemukan Tewas Bunuh Diri Di Tulungagung

Seorang Pria Ditemukan Tewas Bunuh Diri Di Tulungagung

Seorang Pria Ditemukan Tewas Bunuh Diri Di Tulungagung – Bunuh diri (suicide) adalah sebuah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian diri sendiri. Bunuh diri sering kali dilakukan akibat putus asa, yang penyebabnya sering kali dikaitkan dengan gangguan jiwa misalnya depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, ketergantungan alkohol/alkoholisme, atau penyalahgunaan obat.

Faktor-faktor penyebab stres antara lain kesulitan keuangan atau masalah dalam hubungan interpersonal sering kali ikut berperan. Upaya untuk mencegah bunuh diri antara lain adalah dengan pembatasan akses terhadap senjata api, merawat penyakit jiwa dan penyalahgunaan obat, serta meningkatkan kondisi ekonomi.

Oscar Syarifudin (36), warga asal Kediri ditemukan bersimbah darah di ruang tamu rumahnya, yang terletak di Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Korban ditemukan Daftar Poker77 pertama kali oleh kakaknya dan langsung dibawa ke rumah sakit. Korban meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan medis. Petugas mendapati 3 luka sayat pada bagian leher dan pergelangan tangan korban.

1. Ditemukan pertama kali oleh kakaknya
Diduga Faktor Ekonomi, Pria di Tulungagung Nekat Bunuh Diri

Kapolsek Boyolangu, AKP Sukirno menerangkan, korban sempat menelepon kakaknya dan meminta untuk dicarikan mobil ambulans. Saat kakaknya datang kondisi korban sudah berlumuran darah di ruang tamu.

Sebelumnya, korban sempat menelepon istrinya sebanyak 3 kali namun tidak diangkat karena sedang dalam perjalanan.

“Kakaknya yang menemukan pertama kali karena ditelepon korban dan meminta untuk dicarikan mobil ambulans,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

2. Temukan pisau dapur berlumuran darah
Diduga Faktor Ekonomi, Pria di Tulungagung Nekat Bunuh Diri

Dari hasil olah TKP, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa pisau dapur dan selimut yang terdapat bercak darah korban. Mereka juga akan melakukan otopsi terhadap jenazah korban untuk memastikan penyebab kematiannya.

Polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi di sekitar lokasi kejadian. “Beberapa saksi tadi ada yang mengatakan korban juga pernah melakukan upaya bunuh diri dengan cara mencebur ke sungai beberapa tahun lalu namun keterangan itu masih kita dalami lagi,” tuturnya.

3. Akan periksa handphone korban
Diduga Faktor Ekonomi, Pria di Tulungagung Nekat Bunuh Diri

Polisi juga mendalami motif korban melakukan upaya bunuh diri. Dugaan sementara faktor ekonomi menjadi motifnya.

Mereka juga akan memeriksa handphone milik korban. “Dugaan sementara mengarah ke faktor ekonomi sebagai motifnya, namun kita masih perlu melakukan pendalaman lagi,” pungkasnya.

Terdapat bermacam-macam metode yang paling sering digunakan untuk bunuh diri di berbagai negara dan sebagian terkait dengan keberadaan metode tersebut. Metode yang umum antara lain: gantung diri, racun serangga, dan senjata api. Sekitar 800.000 hingga satu juta orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun, sehingga bunuh diri menduduki posisi ke-10 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia.

Angka bunuh diri tercatat lebih banyak dilakukan oleh pria ketimbang wanita, dengan kemungkinan tiga sampai empat kali lebih besar seorang pria melakukan bunuh diri dibandingkan wanita. Tercatat ada sekitar 10 hingga 20 juta kasus percobaan bunuh diri yang gagal setiap tahun.  Percobaan bunuh diri semacam ini lebih sering dilakukan remaja dan wanita.